Menguak Kemampuan High-Res: Perbandingan Hasil Kamera Oppo Reno 8T 4G dan 5G

Bang-An
0

 

Kamera dengan resolusi tertinggi dari seri Oppo Reno 8T adalah mode "High-Res". Ini adalah fitur global yang tersedia untuk ponsel Reno 8T 4G dan Reno 8T 5G. Mode ini secara resmi digunakan ketika perangkat mendeteksi tripod dan memotret dalam orientasi potret. Perusahaan mengklaim bahwa mode ini menggunakan fitur pixel binning dan pengurangan noise untuk menghasilkan foto dengan resolusi asli 100 MP atau 108 MP, tergantung pada modelnya. Gambar akan disimpan dalam resolusi yang relatif rendah, tetapi tetap mempertahankan detail yang tidak terlihat pada kamera biasa.

Menurut Oppo, teknologi mode "High-Res" pada seri Reno, memiliki resolusi yang lebih tinggi dari resolusi A7R II, 950/960 dan 100 MP. Namun semua jutaan piksel tersebut dikombinasikan dengan dual pixel untuk penangkapan warna dan detail yang lebih akurat. Setidaknya secara teori, menurut klaim Oppo.

 Hasil foto kamera 100 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret Tugu Api Pancasila di TMII, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, hasil foto yang sudah di-crop 100 persen pada sebelah kanan masih terlihat dengan cukup detail. Tekstur bagian atas Tugu Api Pancasila pun bisa terlihat dengan cukup tajam dibanding gambar di sebelah kiri yang tidak di-crop.

Hasil foto kamera 100 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 4G ketika memotret Tugu Api Pancasila di TMII, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, hasil foto yang sudah di-crop 100 persen pada sebelah kanan masih terlihat dengan cukup detail. Tekstur bagian atas Tugu Api Pancasila pun bisa terlihat dengan cukup tajam dibanding gambar di sebelah kiri yang tidak di-crop. (KOMPAS.com/Bill Clinten)

Sama seperti bagaimana mega-pixel tidak selalu berarti gambar yang lebih baik, 100/108 MP juga tidak menjamin gambar yang lebih baik. Oppo Reno 8T Series menjadi istimewa karena ponsel ini dapat mengambil gambar dengan mega-pixel 100 atau 108 MP. Meski resolusinya cukup mengesankan, Oppo tampaknya optimis dengan fitur ini karena ia menyebutkan bahwa Anda akan mendapatkan foto beresolusi tinggi meski menggunakan piksel ukuran sedang atau besar.

Oppo kembali mengambil kesempatan besar karena kini sedang menggarap perangkat flagship Reno Series terbaru yang dilengkapi dengan fitur fotografi yang mumpuni. Namun, Oppo Reno 8T 4G dan Reno 8T 5G akan diluncurkan di Indonesia terlebih dahulu.

Hasil foto kamera 108 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 5G ketika memotret obyek wisata Istana Anak-anak di TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, gambar obyek jam istana di sebelah kanan yang diperbesar, atau di-crop 100 persen dari gambar asli di sebelah kiri, tampil dengan detail yang cukup tajam. Padahal di gambar di sebelah kiri, obyek tersebut tidak begitu terlihat dengan jelas.

Hasil foto kamera 108 MP mode High-Res di Oppo Reno 8T 5G ketika memotret obyek wisata Istana Anak-anak di TMII, Jakarta Timur, Kamis (26/1/2023). Bisa dilihat, gambar obyek jam istana di sebelah kanan yang diperbesar, atau di-crop 100 persen dari gambar asli di sebelah kiri, tampil dengan detail yang cukup tajam. Padahal di gambar di sebelah kiri, obyek tersebut tidak begitu terlihat dengan jelas.(KOMPAS.com/Bill Clinten)

Seperti biasa, Oppo belum mengungkapkan lebih banyak lagi tentang ponsel barunya. Kita hanya tahu bahwa perbedaan antara Reno 8T 4G dan 8T 5G hanya terletak pada kamera utama. Spesifikasi lainnya mirip satu sama lain. Dan mereka tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Selain itu sekilas, Reno 8T 4G dan Reno 8T 5G terlihat hampir identik dengan Oppo Reno 10X Zoom .

Oppo menyiapkan dua perangkat Reno Series terbaru di Indonesia, yakni Oppo Reno 8T 4G dan Reno 8T 5G. Oppo mengklaim kedua ponsel ini hadir dengan fitur fotografi yang mumpuni. Pada Reno 8T 4G misalnya, terdapat kamera utama dengan resolusi 100 MP. Sementara di Oppo Reno 8T 5G, kamera utamanya sedikit lebih tinggi karena memiliki resolusi 108 MP. Meski resolusinya berbeda, kedua kamera utama pada ponsel Oppo Reno 8T Series kompak dibekali dengan fitur atau mode pemotretan bernama "High-Res". Dengan mode ini, pengguna bisa menghasilkan foto dengan resolusi native 100/108 MP. Secara sistem, aplikasi kamera ponsel, termasuk yang ada di Reno 8T 4G dan Reno 8T 5G, akan menggunakan mode pemotretan normal yang mengandalkan teknik pixel binning. Dengan cara ini, pengguna akan dapat mengambil gambar dengan sedikit noise. Perangkat ini juga memiliki algoritma identifikasi adegan AI canggih yang dapat secara otomatis menentukan adegan apa yang Anda potret dan menangkapnya dengan tepat (meskipun teknologi ini juga tersedia di smartphone Oppo lainnya).

Meskipun Reno 8T 4G dan 8T 5G tidak memiliki ukuran piksel tertinggi pada keduanya yaitu 100/108 MP, Oppo telah melakukannya dengan baik dengan fungsi menangkap foto beresolusi tinggi. Hal ini membuat orang bertanya-tanya apakah mode "High-Res" adalah jawaban untuk menggantikan kinerja kamera OPPO Reno 10x Zoom yang dipertanyakan.

Mode pengambilan foto 100/108 MP pada kamera Oppo Reno 8T Series didasarkan pada prinsip sederhana: alih-alih menghasilkan satu gambar beresolusi tinggi 100MP atau 108MP, kamera utama diatur untuk menghasilkan beberapa foto yang memiliki resolusi lebih kecil. setelah proses gambar yang diambil oleh kamera utama, akan "dijahit" secara digital menjadi gambar dengan resolusi besar 100/108 megapiksel kemudian pengguna bisa mendapatkan gambar yang memiliki lebih sedikit noise dan detail yang lebih besar.

Sekarang Anda mengerti mengapa Oppo Reno 8T 4G dan Reno 8T 5G hadir dengan mode yang dikenal sebagai "High-Res". Itu karena kamera mereka "RESOLUSI TINGGI". 😁 Haha, semoga lelucon ini membuat hari Jum'at Anda menyenangkan!

Post a Comment

0Comments

Berkomentar lah dengan kata-kata sopan

Post a Comment (0)